Cara Merekam Layar Laptop dan Suara Menggunakan Camtasia

Cara Merekam Layar Laptop Sambil Berbicara Menggunakan Camtasia – Merekam layar laptop dan suara kita saat berbicara dapat menggunakan aplikasi camtasia. Bagi anda yang mau membuat video-video tutorial dengan rekam dan berbicara langsung di depan laptop.

Merekam layar laptop atau komputer dengan menggunakan camtasia sangat cocok bagi laptop yang spesifikasinya rendah. Kenapa ? karena camtasia termasuk aplikasi yang cukup ringan digunakan pada laptop-laptop dengan spesifikasi standar.

Camtasia sangat berguna karena setelah merekam layar laptop sambil beraktivitas dengan laptop, kita juga dapat langsung lakukan edit video yang direkam. Saya banyak membuat video-video tutorial menggunakan camtasia untuk channel youtube Ato Basahona. Camtasia sebagai aplikasi rekam dan edit video sangat cocok dengan laptop saya yang spesifikasinya standar.

Keuntungan lain dari camtasia yaitu kita dapat mengatur kualitas video yang kita inginkan, misalnya video yang diedit berdurasi panjang maka untuk mempercepat proses penyimpanan (render) kita dapat mengurangi sedikit kualitasnya agar mempercepat proses pemyimpnan video dan tidak memaksakan kerja laptop.

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi camtasia, dapat mendownloadnya di internet secara gratis atau meminta pada teman yang sudah menggunakan aplikasi camtasia. Semua versi camtasia dapat digunakan untuk merekam layar sebab itu merupakan fungsi utama dari camtasia.

Cara merekam layar laptop serta suara menggunakan camtasia

Buka aplikasi camtasia yang sudah dipasang pada laptop, untuk merekam layar dan suara anda sambil berbicara, pilih menu record the screen

Cara Merekam Layar Laptop Sambil Berbicara Menggunakan Camtasia

Setelah diklik, menu rekam layar laptop akan berada di bagian kanan bawah layar laptop, pilih full screen agar merekam penuh layar laptop. jika ingin mengaktifkan kamera laptop atau tidak, pilih webcam (off/on). Selanjut aktifkan audio agar suara anda juga terekam ketika berbicara. Untuk mulai merekam klik rec (tombol merah).

Saat proses perekaman layar laptop sedang berlangsung, akan muncul menu di bagian kanan bawah untuk pause, stop, delete, volume suara serta waktu durasi video. Untuk berhenti merekam klik stop dan video hasil rekaman dapat anda simpan untuk diedit kembali dengan camtasia.

Anda juga dapat mengatur kualitas video dan suara agar semakin baik saat mengedit dan menyimpan hasil rekaman layar laptop.

Written by edisutiono

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *