Foto Seni/ekspresi

Pengertian foto seni adalah suatu karya foto yang memiliki nilai seni, suatu nilai estetik, baik yang bersifat universal maupun lokal atau terbatas. Karya-karya foto dalam kategori ini mempunyai suatu sifat yang secara minimal memiliki daya simpan dalam waktu yang relatif lama dan tetap dihargai nilai seninya.Sebuah karya atau foto sebagai benda seni, bukan sekedar hasil upaya proses reproduksi belaka. Foto seni berasal dari suatu kontemplasi yang intens.

Pemunculan gagasan/ideanyatidaksecaraserentak dan berkesan dadakan. Akan tetapi, melaluiproses pengamatan empirik, komparasi, perenungan, dan bahkan serangkaian mimpi-mimpi yang panjang. Wujud sebagai titik akhirnya merupakansebuah eksekusi, berkaitan dengankonsep dan visi/misi yang transparan serta baru. Dengan begitu,sebuah foto seni tidak hanya sebentuk seni instanbelaka. Fotografi (seni), merupakan cabang seni rupa yang paling muda. Walau tidak bisa dipungkiri, secara ide dan teknikal,foto seni memberikan kontribusi kepada cabangfotografi lainnya, sepertifoto jurnalistik dan komersial,

Fotografer Seni/ekspresi

Kassian Cephas, orang jawayanglahir di Yogyakarta pada15 Januari 1845, oleh banyak pihak diakui sebagai fotografer pertama Indonesia. Fotografer lainnya yang ada di Indonesia sebagian besar adalah keturunan Belanda.Kassian Chepas yang tinggal dan mempunyai studio di Yogyakarta,juga merupakan “pemotret resmi” Kraton Yogyakarta. Selain memotret kalangan elit, Kassian Chepas juga banyak memotret candi dan bangunan bersejarah lainnya terutama yang ada disekitar Yogya.Selain karya Chepas, foto-foto kuno yang dibuat pada akhir dan awal 1900-an banyak yang tidak diketahui siapa pemotretnya, dan banyak juga yang menampilkan sisi keindahan dengan objek panorama maupun humaninterest.

Di dunia internasional, dikenalAnsel Adam,seorang “fine art photographer” Amerika terbesar abad ke-20. Ansel Adam tidak hanya dihargai dari karya foto-fotonya saja,tetapi juga dari dedikasinya dalam dunia pendidikan fotografi. Ansel bersama Fred Archer pada awal 1940-an memperkenalkan suatu metode yang dikenal dengan nama Zone System (ZS).Metode temuan Ansel ini secara umum adalah proses terencana dalam pembuatan foto,mulai dari pra-visualisasi kemudian mengkalkulasi pencahayaan secara tepat,sampai menproses film secara akurat. Hasil akhirnya adalah negatif foto yang prima sebagai pondasi utama membuat cetakan foto yang berkualitas. Metode ZS ini bila dipahami secara benar,sangat membantu fotografer menghasilkan foto semaksimal mungkin, sehingga tidak lagi mengharapkan suatu keberuntungan semata dalam menentukan perhitungan pencahayaan. Segalanya telah diprediksi dan direncanakan dengan baik.

Kategori Foto Seni (fine art) atau foto ekspresi.

Foto seni (fine art) /ekspresi adalah foto-foto piktorialisme, yakni jenis foto yang menonjolkan estetika yang meniru pencitraan gambar (picture) atau lukisan (painting). Jenis foto ini lebih menyerukan keindahan atau nilai artistik instriknya dibandingkankandungan makna fotonya. Elemen –elemen yang diekploitasi oleh fotografer foto seni ialah komposisi, penyinaran yang dramastis (chiroscuro) dan nada warna(Paul I. Zacharia).Jadi,dalam foto seni (fine art),ada hal yang yang tidak bisa dipisahkan mulai dari konsep perencanaan, pembuatan, penerapan teknis secara akurat termasuk didalamnya pemrosesan film ataupun pembuatan file digital. Menyikapi kontroversi tentang digital, menarik mengutip pendapat seorang jurnalis kawakan bahwa hanya foto jurnalis yang tidak boleh dimanipulasi. Foto-fotojurnalistik harus menyampaikan suatu kebenaran apa adanya,sedangkan dalam foto seni, proses digital hanya merupakan alat pembantu dalam berkarya. Selanjutnya pencipta foto seni/ekspresi bebas merespon hasil fotonyadengan unsur seni rupa lainnya. Yang tercermin dalam tataran konsep dan makna maupun wujud akhir visualnya.Dalam mencipta suatu karya seni, konsep utama yang harus dipersiapkan adalah idealisme pribadi. Pengembangan konsep tersebut, lalu penyesuaian dengan sarana yang ada, pengaruh lingkungannya, kesulitan yang mungkin terjadi, dan harus didukung dengan peralatan yang memadai sebagi faktor teknis penciptaan.Sebagai contohhal ini adalah foto-foto karya Do Qong Hai yang mirip dengan lukisan bergaya China. Karya-karya ini dibuat dengan melakukan sandwichdari beberapa negatifyang dalam pembuatannya telah direncanakan dengan matang.Estetika dalam Foto Seni/ekspresiEstetika di dalam foto seni didapatkan apabila telah ditemukan titik estetika,yaitu momentum pengalaman kesadaran roh manusia seniman maupun pengapresiasi seni yang persis berada di tengah-tengah antara yang rohani dan yang jasmani, di mana titik ini di alami sekejap namun mendalam,di dalam yang “tragis” (manakala:roh”dikalahkanjasmani”), yang sublim (manakala roh menang atas kebaikan), danyang asri (gracious:manakala kebaikan menang atas kebenaran) (Sutrisno dan Verhaak, 1993).Dalam estetika di kenal dua pendekatan: pertama, langsung meneliti keindahan itu dalam benda-benda/alam indah,serta seni itu sendiri atau mau lebih; kedua,menyoroti situasi kontemplasi rasa indah yang sedang dialami (pengalaman keindahan dalam diri orangnya). Pengalaman estetika berkait erat dengan soal perasaan, dimana bila foto seni dikatakan memiliki estetika,apabilafoto tersebut tidak hanya mampu mengeploitasi keindahan tersebut,melainkan dapatmenyumbangkan nilai-nilai humanisme universal kepada umat manusia. Fotografi tidak hanya sebagai ekses kemudahan alat rekam, namun di sana tercermin sebuah proses pencitraan gagasan dan estetika yang lebih transenden

Beberapa Hasil Fotografi yang memiliki Nilai Seni tinggi

Dunia fotografi selalu mampu memberikan gambaran yang memukau atas satu objek. Hal itulah yang menjadi fokus sebuah event kompetisi fotografi yang diusung AGORA Awards. Setelah sembilan bulan menyeleksi 130 ribu pengajuan karya, akhirnya tersaring 50 finalis dari 21 negara, kerennya beberapa diantaranya karya-karya anak Indonesia!

Temanya pun beragam mulai dari flora, fauna hingga human interest. Ini adalah 10 foto pilihan di antaranya yang menurut Popbela keren banget.

1. Lautan Dupa

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / khánh phan

Dupa merupakan elemen penting untuk berdoa bagi masyarakat Vietnam. Mereka percaya melalui perantara dupa akan menghubungkan orang yang hidup dengan leluhur dan dewa. Rupanya jika ribuan dupa itu dikumpulkan di satu tempat sangatlah indah.

2. Mencapai Surga

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Konrad Paruch

Mont Saint Michel di Prancis, bagaikan negeri di atas awan. Ide keren ini merupakan karya Konrad Paruch asal Inggris yang sangat apik.

3. Semut yang Menyeimbangkan Dunia

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Analiza De Guzman

Butuh waktu 4 jam bagi sang fotografer, Analiza De Guzman untuk mengambil bidikan sempurna seekor semut yang membawa tetesan air yang tersebar di seutas benang ini. Hasilnya pun seakan mahkluk sekecil itu pun membawa beban dunia.

4. Larilah dan Bersenang-senang

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Ling Ling

Ekspresi kegembiraan tampak jelas pada gerak tubuh para biksu muda ini, mereka memilih bersenang-senang di atas Pagoda Hsinbyume, Mynmmar sebelum memulai aktivitasnya meskipun di bawah panas matahari siang yang terik.

5. Mempersiapkan 1.000 Iftar di Bulan Ramadan

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Dharma Kurniawan

Bulan Ramadan bulan yang sangat istimewa, hal itu yang digambarkan oleh tiga sukarelawan perempuan yang sedang sibuk mempersiapkan 1.000 piring ayam dan nasi untuk berbuka puasa setelah umat Islam berpuasa hingga matahari terbenam.

6. Warna Kehidupan

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Pranab Basak

Warna kehidupan yang sangat indah, ditengah langit biru nan bening, para perempuan ini memancing dengan caranya yang istimewa di Benggala Barat, India sebelum dijual ke pasar.

7. Rainbow Reine

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Paal Lund

Indahnya pelangi ganda terlihat saat fotografer, Paal Lund sedang melintasi jembatan di Kepulauan Lofoten, Norwegia yang sangat indah dan begitu gemilang. Tak ada yang bisa dilakukan kecuali mengabadikan keindahan semesta ini.

8. Diantara Payung Putih

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Aung ThuYa

Karya Aung Thu Ya ini menceritakan tentang kehidupan di pabrik payung tradisional di Mandalay, Myanmar. Untuk memproduksi payung tradisional dan tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja tetapi ada pembagian kerjanya. Masing-masing pekerja bertanggung jawab mengerjakan bagian demi bagian dan bekerjasama untuk menyelesaikan satu buah payung cantik putih yang satu ini.

9. Lautan Es

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Florian Ledoux

Florian Ledoux, fotografer satwa liar profesional sukses mengambil foto ini ketika berada di Antartika. Bongkahan es ini sungguh menarik perhatiannya karena menjadi tempat para anjing laut untuk beristirahat dan bersantai. Tetapi sedihnya pemanasan global membuat daratan es yang luas itu kian berkurang setiap waktunya.

10. Cahaya Kehidupan

10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding boredpanda / Dikye Ariani

Bidikan suasana pagi dari Jembatan Cirahong yang dibangun pada tahun 1893 di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, ini tampak memukau sebelum memulai aktivitas.

 

Written by admin_edisutiono

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *