Jaman telah berubah, manusia pun berubah. Demikian halnya dengan kamera. Tidak seperti jaman dulu ketika pilihan jenis kamera masih sangat terbatas. Di masa kini alias jaman now ūüôā sudah¬†banyak¬†pengembangan jenis kamera yang diciptakan¬†untuk memenuhi beragam kebutuhan manusia khususnya bagi anda pecinta fotografi.

Variasi kamera pun semakin banyak dan bertambah seiring tuntutan jaman, kebutuhan hidup, perbedaan tujuan dan dana yang dimiliki. Dalam penggunaannya, kamera memiliki jenisnya masing ‚Äď masing yang tentu sangat variatif tergantung dari kebutuhan dan tujuan anda memiliki kamera tersebut.

PENGERTIAN KAMERA

Secara definisi kamera merupakan seperangkat alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar (diam maupun bergerak) yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa.

Kamera juga memiliki perjalanannya dan sejarah tersendiri seperti manusia yang juga memiliki sejarah dan perjalannya tersendiri.

SEJARAH KAMERA

Evolusi kamera dimulai di penghujung abad ke-19 yang ditandai dengan lahirnya kamera studio yang berdiri diatas tripod dengan menggunakan piringan kaca fotografis. Kamera pada awalnya disebut sebagai camera obscura yang dalam bahasa latin berarti ruang gelap.

Camera obscura merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian menempatkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas atau film.

Nah, film ini kemudian diletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Jaman dulu kamera memang memiliki bentuk yang besar dan kaku alias kotak-kotak.

Namun kini kamera telah jauh berevolusi menjadi semakin canggih, simpel,¬†portable¬†dan praktis sekaligus¬†stylish. Dari yang dulunya jadul dan konvensional hingga kini yang semakin digital dan fenomenal ūüôā

Jenis kamera tentu tidak hanya satu, tetapi sangat amat beragam. Pihak ‚Äď pihak pengembang kamera kenamaan seperti Sony, Nikon, Canon, Panasonic, Lumix dan sejenisnya telah lama mengembangkan kamera yang sesuai dengan beragam kebutuhan kita.

Nah, ngomong-ngomong, ada berapa sih jenis kamera yang ada? Jawabannya tentu banyak. Tergantung dari kebutuhan, tujuan dan budget untuk membuat kamera tersebut.

Dalam dunia fotografi, kita mengenal berbagai jenis kamera yang digunakan untuk menangkap dan mengabadikan setiap momen dalam hidup kita.

Anda mungkin bertanya, kalo kamera digital itu sendiri ada berapa sih? Fungsi dan kegunaannya apa saja? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Untuk menjawabnya, dalam postingan kali ini kami akan mengulas tuntas 10 jenis kamera beserta fungsi, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya.

Anda penasaran? Yuk, kita simak saja bersama-sama ūüôā

 

10 JENIS KAMERA | FUNGSI, CIRI-CIRI, KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA

  1. Compact Digital / Pocket Camera

Kamera jenis ini merupakan kamera digital paling simpel dan sederhana. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan pas di kantong atau biasa disebut kamera saku, menjadikan kamera ini banyak dipilih untuk pengguna yang membutuhkan kamera simpel sekedar untuk mendapatkan foto saja.

Dengan fitur standar yang mudah untuk digunakan. Kamera ini cocok untuk siapa saja yang ingin mengabadikan setiap momen penting dalam hidupnya. Kamera ini memang di desain agar mudah digunakan oleh siapa saja.

Tak terkecuali anak kecil yang awam dalam kamera. Sehingga fitur-fitur yang melengkapi karma saku mayoritas sudah disetel secara otomatis. Yah, namanya saja kamera point and shoot, anda tinggal mengincar objek foto lalu klik tombol dan selesai.

Kamera ini cocok digunakan pada event indoor, event outdoor yang tidak terlalu mengandalkan zoom, dokumentasi standar, anda yang memiliki mobilitas tinggi tapi tidak mau repot.

Ciri-Cirinya :

  1. Bentuknya ringkas
  2. Memiliki fitur manual dan otomatis
  3. Dapat memilih format foto RAW
  4. Beberapa diantaranya memiliki flash external atau aksesoris
  5. Lensa sudah mampu menggunakan kombinasi digital zoom

Kelebihannya :

  1. Sensor yang lebih kecil
  2. Ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana
  3. Harga terjangkau

Kekurangannya :

  1. Auto focus yang lambat
  2. Kualitas gambar yang kurang bersih
  3. Kualitas rentang dinamis yang kurang baik

 

  1. Mirrorless Camera

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dari jendela bidik optic (viewfinder) seperti kamera DSLR, namun kualitas gambar yang dihasilkan setara karena image sensor yang digunakan sama besar.

Karena itu, ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR dengan bentuk yang kompak dan lensanya bisa diganti-ganti. Kamera mirrorless sejatinya adalah kamera DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox).

Ciri-Cirinya :

  1. Ukurannya relatif kecil
  2. Beratnya ringan
  3. Lensa yang dapat diganti-ganti
  4. Hasil bidikan yang dihasilkan tidak jauh beda dengan DSLR

Kelebihannya :

  1. Fokus sangat cepat
  2. Lensa bisa diganti-ganti
  3. Kamera lebih cepat mengambil gambar dibanding DSLR
  4. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak jauh beda dengan DSLR

Kekurangannya :

Gambar dalam jendela bidik dibalik secara horizontal (dari kiri ke kanan) yang mengakibatkan pembingkaian foto yang sulit, terutama bagi pengguna yang belum berpengalaman atau dengan objek yang bergerak.

  1. Prosumer Camera

Kamera Prosumer adalah sebuah kamera hasil perpaduan dari kamera DSLR dan juga kamera saku. Perpaduan jenis-jenis kamera DSLR dan kamera pocket terdapat pada bentuk kamera Prosumer yang mirip DSLR namun lebih kecil.

Kata Prosumer diambil dari kata ‚ÄúPROfessional‚ÄĚ dan ‚ÄúconSUMER‚ÄĚ. Kamera yang berjenis¬†‚Äúpoint and shoot‚Ä̬†ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari kamera saku, antara lain pengaturan exposure dan ISO secara manual.

Ada beberapa orang yang menggunakan kamera jenis ini untuk mulai belajar fotografi karena dirasa lebih praktis dan fungsional daripada kamera DSLR.

Ciri-Cirinya :

  1. Kamera Prosumer terdiri dari 2 jenis, yaitu kamera Prosumer berbentuk kamera digital SLR (DSLR) yang juga disebut sebagai Bridge Camera
  2. Sedangkan MILC walaupun lesnanya dapat dilepas, tetapi tidak memiliki cermin reflex dan tentunya juga tidak memiliki optical viewfinder dan sebgai gantina diakai electronical viewfinder atau layar LCD saja.

Kelebihannya :

  1. Memiliki kemampuan ultra zoom yang hebat
  2. Ukuran lebih kecil dan ringan dibanding kamera DSLR
  3. Fitur mirip dengan kamera DSLR
  4. Cocok untuk digunakan pada macro photography

Kekurangannya :

  1. Memiliki sensor yang lebih kecil dibanding DSLR
  2. Kualitas hasil foto tidak bisa sebaik kamera DSLR
  3. Kecepatan auto focus lambat

 

  1. DSLR Camera

DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat diartikan bahwa ini adalah jenis kamera lensa tunggal yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder (jendela bidik) adalah lubang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip objek foto.

Ini adalah jenis kamera yang paling banyak digunakan fotografer professional. Namun, saat ini tidak hanya fotografer professional saja, para pemula dan pecinta fotografi pun banyak yang menggunakannya. Mereka memilihnya karena memiliki fitur yang lebih komplit dan mampu menghasilkan gambar yang memuaskan dalam kualitas gambar yang dihasilkan.

Ciri-Cirinya :

  1. Menggunakan lensa kit 18-55 mm
  2. Lensa yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan
  3. Aksesoris kamera lebih banyak

Kelebihannya :

  1. Lebih fleksibel dalam penggunaan
  2. Kualitas gambar lebih memuaskan
  3. Fitur fotografi lebih memadai
  4. Mudah untuk di upgrade
  5. Kinerja sangat mumpuni untuk fotografi

Kekurangannya :

  1. Harga relatif lebih mahal
  2. Ukuran lebih besar dari kamera lainnya
  3. Tidak cocok untuk para pemula

 

  1. Bridge Camera

Jenis kamera Digital Prosumer atau disebut juga Bridge CDC (Compact Digital Camera). Kamera ini disebut bridge karena memiliki fungsi untuk menjembatani pngguna kamera saku untuk mendapatkan fitur dan kualitas foto yang lebih baik. Kualitas kamera jenis ini berada diantara kamera pocket/kamera saku dengan kamera professional (DSLR).

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, saat ini sudah mencapai 50x hingga 60x dan untuk itu sistem stabilisasi yang mumpuni.
  2. Kemampuan untuk mengambil foto dan video yang lebih stabil

Kelebihannya :

  1. Memiliki lensa yang bisa zoom sangat jauh
  2. Ukuran dan beratnya lebih ringan dan sedikit lebih kecil
  3. Relatif lebih murah jika dibandingkan kamera DSLR
  4. Memiliki kemampuan untuk membidik gambar berturut-turut melebihi 10 fps

Kekurangannya :

  1. Sensor lebih kecil
  2. Lensa tidak bisa diganti-ganti
  3. Kualitas foto masih jauh jika dibandingkan dengan kamera DSLR

 

  1. Boutique Camera

Jika kita lihat secara sekilas, Boutique Camera tidak lebih besar dari sebuah kamera. Jika ditelaah dan diperhatikan lebih dalam dan seksama, ternyata tidak salah jika kamera digital ini diembel-embeli kata butik di depannya mengingat tampilannya yang stylish dan elegant.

Meski memiliki bentuk yang ringkas, kamera jenis ini mempunyai sensor full frame yang bahkan melebihi kemampuan kamera DSLR sekalipun. Kamera butik ini rata-rata mengunakan sensor full frame (Leica M9) atau APS-C (X100) dengan kualitas foto atau gambar yang tidak perlu diragukan lagi.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, saat ini sudah mencapai 50x hingga 60x dan untuk itu sistem stabilisasi yang mumpuni.
  2. Kemampuan untuk mengambil foto dan video yang lebih stabil

Kelebihannya :

  1. Kualitas gambar sangat baik
  2. Rata ‚Äď rata menggunakan sensor full frame
  3. Stylish, elegant dan powerful.
  4. Kualitas lebih bagus daripada full frame DSLR

Kekurangannya :

  1. Harga kamera sangat mahal
  2. Harga lensa sangat mahal

 

  1. Polaroid Camera

Kamera polaroid atau biasa disebut sebagai kamera instant atau kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan.

Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan sebagai film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan sebagai film polacolor.

Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera instant dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama polaroid itu sebenarnya adalah merek dagang, seperti ketika orang menyebut nama Pepsodent untuk odol, atau Honda untuk sepeda motor atau Aqua untuk air mineral.

Di era digitalisasi sekarang ini, kamera polaroid juga mengikuti perkembangan jaman. Sekarang bisa kita jumpai jenis kamera polaroid digital sebagai generasi teranyar dari kamera jenis ini. Seperti kamera digital lainnya, kamera polaroid ini pun memiliki layar LCD.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki kemampuan mencetak foto langsung jadi.
  2. Memiliki film khusus yang dinamakan film polaroid

Kelebihannya :

  1. Bisa langsung seketika mencetak foto hasil bidikan kita
  2. Model dan desain yang unik dan stylish dan elegan

Kekurangannya :

  1. Kualitas kamera tidak sebagus kamera digital lainnya
  2. Ukuran foto standar bahkan terbilang kecil

 

  1. Action Camera

Action kamera atau kamera aksi adalah jenis kamera yang kini digandrungi banyak anak muda sekarang ini. Anak muda jaman now  baik yang doyan dengan olahraga ekstrim atau bagi para vlogger alias video blogger.

Kamera aksi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk merekam video ketimbang foto. Dengan bentuknya yang portable, dan berukuran lebih kecil dari kamera saku membuatnya mudah dipasang dimana saja termasuk di atas kendaraan atau di atas helm.

Kualitas dari kamera aksi sudah sangat mumpuni. Kamera ini mampu menghasilkan video resolusi Full HD 1080p pada keceptan 30 frame per detik atau 720p pada kecepatan 60 fps. Artinya kualitas gambar dan video yang dihasilkan sudah masuk ke dalam kategori High Defenition yang tajam.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki bentuk yang kecil, ringkas dan portable
  2. Mempunyai fitur image stabilization untuk penstabil getaran

Kelebihannya : 

  1. Mampu menghasilkan kualitas gambar HD hingga Full HD
  2. Model dan desain yang compact, ringkas dan portable
  3. Harga terbilang murah dan sudah waterproof
  4. Cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi
  5. Dapat dipasang memori eksternal hingga 32GB

Kekurangannya : 

  1. Kualitas foto masih kurang bagus meski sudah berpiksel besar
  2. Hasil rekaman video berformat AVI Sehingga ukuran file cenderung besar
  3. Tidak ada Wifinya sehingga harus melepas kartu memori terlebih dulu kalau ingin memindahkan file

 

  1. Smartphone Camera

Anda punya hape? Pertanyaan yang bodoh yah. Hari gini hampir semua orang punya hape dan smartphone. Karena smartphone sekarang bukan lagi sebuah barang mewah.

Bahkan dari kalangan paling bawah hingga paling atas, dari tukang becak hingga presiden masing-masing memiliki smartphone. Bahkan sekarang, kamera smartphone sudah semakin canggih dan beberapa ada yang menyamai bahkan mengalahkan kualitas kamera digital dengan resolusi yang sangat tinggi.

Seperti Huawei P20 Pro misalnya. Huawei P20 Pro merupakan smartphone yang memiliki kamera belakang triple camera dengan resolusi 68 MP pertama di dunia! Bayangkan anda memiliki 3 kamera belakang yang memiliki resolusi sekelas kamera DSLR bahkan lebih.

Karena kepraktisan dan simpelnya itulah serta beragam fitur yang semakin hari semakin canggih, membuat sebagian orang merasa ‚Äúcukup‚ÄĚ memiliki kamera yang ada dalam hape mereka dan tidak perlu membeli kamera digital yang terbilang mahal.

Ciri-Cirinya :

  1. Mempunyai beragam fitur dan aplikasi
  2. Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis
  3. Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih
  4. Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau

Kelebihannya :

  1. Mampu menghasilkan kualitas gambar dan video HD hingga Full HD
  2. Model dan desain yang compact, ringan dan portable
  3. Harga terbilang murah dan terjangkau
  4. Memiliki fitur dan spesifikasi yang kaya
  5. Mempunyai beragam aksesoris tambahan

Kekurangannya :

  1. Kualitas foto masih kurang jika dibandingkan dengan kamera DSLR
  2. Fitur dan pengaturan foto dan video terbatas

 

  1. Medium Format Camera

Kamera medium format merupakan kamera yang menggunakan roll film. Besarnya format fil pada kamera ini ditentukan oleh panjang foto yang direkam diatas kamera.

Keunggulan kamera jenis ini adalah ketajaman dari detail objek yang difoto. Di era digital sekarang ini, kelebihan yang tidak dimiliki kamera DSLR ini tetap dilanjutkan.

Kamera medium format biasanya digunakan untuk kepentingan komersial dari sebuah produk karena mampu menghasilkan gambar yang sangat detail.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak sembarang orang yang bisa memiliki kamera jenis ini. Maklum harganya yang masih sangat mahal. Beberapa bahkan ada yang sampai 100 juta atau lebih. Kamera yang harganya tergolong murah saja bisa sertara dengan kamera DSLRpro yang body only saja bisa lebih dari 50 juta rupiah.

Nah, jika anda anda seorang fotografer professional yang memiliki dana tak terbatas, boleh saja menginvestasikan dana dengan membeli kamera medium format ini selama bisa menghasilkan uang kembali. Money makes money. J

Ciri-Cirinya :

  1. Mempunyai beragam fitur dan aplikasi
  2. Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis
  3. Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih
  4. Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau

Kelebihannya :

Kualitas foto dapat dicetak dengan ukuran besar, sehingga kebanyakan kamera ini dipakai untuk tujuan komersiil atau reproduksi.

Kekurangannya :

  1. Harga peralatan yang relatif mahal
  2. Adanya keterbatasan dalamm depth of field (DOF) pada lensa dengan sudut gambar yang sama

Written by admin_edisutiono

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *