Prinsip Kerja Kamera

Prinsip Kerja Kamera – Kamera merupakan suatu alat yang digunakan untuk membuat sebuah bayangan fotografi pada flim negatif. Pada bagian dinding muka kamera ada sebuah lubang kecil yang berguna untuk memasukan beberapa cahaya dengan melewati lensa positif atau biasa disebut dengan lensa objektif.

Dari lensa objektif inilah sebuah bayangan terbentuk nyata, terbalik dan diperkecil pada flim negatif.

Prinsip Dan Cara Kerja Kamera

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Prinsip utama kerja kamera yaitu menangkap cahaya. Cahaya tersebut masuk ke kamera melewati lensa (subjek yang ingin kalian ambil, bisa kalian lihat terlebih dahulu melalui viewfinder), serta di fokuskan supaya diterima oleh sensor cahaya yang memilah-memilah cahaya berdasarkan komponennya.

Banyak dari orang mempertanyakan dari mana sih cahaya masuk ke dalam kamera?

Cahaya masuk ke dalam kamera melalui bagian yang disebut dengan lensa, cahaya hanya boleh melalui bagian lensa yang berupa lubang berbentuk lingkaran. Lubang disini diibaratkan dengan jendela kamera ke dunia luar, serta jendela ini memiliki ukuran lubang tertentu.

Sistem kerjanya sama persis ketika kita membuka dan menutup mata. Dalam kamera sendiri juga memiliki komponen-komponen yang dapat mengatur kecepatan si lubang kamera sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dengan ini kita dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera.

Tidak hanya itu fungsi lensa juga dapat mengatur ketajaman fokus pada saat mengambil sebuah gambar pada kamera. Fokus sendiri dapat diartikan ketika kita melihat objek pada visualisasi yang terjelasnya.

Jika diartikan pada cara kerja kamera fokus adalah ketika cahaya dilewatkan tepat jatuh ke bidang sensor kamera, seperti cahaya yang melewati kornea mata kita dan tepat jatuh di retina.

Prinsip Kerja Kamera Digital

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Kamera digital adalah kamera yang menggunakan atau mengoperasikan dengan sistem digital. Kamera ini sudah modern dan tidak menggunakan flim dalam bentuk rol, tetapi menggunakan media penyimpanan yaitu memori.

Sebuah gambar atau foto yang sudah terbentuk di dalam kamera ini dapat dihapus secara otomatis. Tetapi, jika kalian ingin mencetak sebuah foto yang telah kalian ambil tadi sangat mudah. Yaitu kalian tinggal menghubungkan antara kamera dengan komputer kalian dengan menggunakan kable data yang ada pada kamera tersebut.

Prinsip Kerja Kamera DSLR

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera yang memanfaatkan sebuah cermin yang ada di dalam kamera untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Viewfinder merupakan lubang kecil yang berada di belakang kamera, tempat untuk mengintip objek foto. Ada kamera yang hampir mirip dengan kamera DSLR ini yaitu kamera TLR (twin lens reflex). Tetapi, TLR adalah teknologi yang sudah hampir punah dan bahkan sekarang sudah tidak banyak orang yang menggunakan.

Secara keseluruhan proses kerja kamera DSLR sangat singkat :

  • Saat kita melihat dilubang viewfinder yang ada dibelakang kamera, dan apapun yang kelihatan disitu itulah objek yang akan dihasilkan ketika difoto.
  • Pantulan dari cahaya objek foto masuk melewati lensa lalu menuju cermin pantul, yang kemudian memantulkan cahaya tersebut ke pentaprismaPentaprisma mengubah cahay vertikal menuju horizontal dengan mengarahkan cahaya menuju dua cermin terpisah, lalu masuk ke

Prinsip Kerja Kamera Polaroid

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Untuk kalian yang belum pernah sekali menggunakan kamera polaroid ini, ketika kalian menggunakannya pasti kalian akan kebingungan. Karena, kamera ini berbeda dengan kamera digital yang saat ini ramai digunakan pada kalangan fotografer di manapun. Untuk cara kerja kamera polaroid ini memiliki sistem kerja yang unik dan instan.

Perbedaan antara kamera polaroid dan kamera digital yaitu pada hasil foto. pada kamera polaroid ketika kalian memotret akan langsung tercetak dengan ukuran foto yang kalian inginkan, tetapi kamera digital tidak.

Jika kamu menggunakan kamera ini harus berhati-hati karena kalian tidak bisa sembarangan untuk jepret sana-sini.

Prinsip Kerja Kamera CCTV

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Cara kerja kamera CCTV ini tidaklah berbeda dengan kamera lainya. Yaitu bertugas sebagai alat perekam suatu aktifitas atau kejadian pada waktu atau tempat tertentu.

Namun yang menjadi perbedaan cara kerja antara kamera CCTV dan kamera biasa adalah :

  • Kamera CCTV dapat merekam segala suatu kegiatan atau aktifitas secara otomatis dan cara kerja dapat kalian atur pada pengaturan system pada kamera CCTV tersebut.
  • Kebanyakan kamera CCTV ini difungsikan untuk kamera pengaman, karena dapat tersembunyi dengan baik sebagai alat pengintai yang cocok digunakan sebagai kamera pengaman.

Prinsip Kerja IP Kamera

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : store.videosurveillance.com

Cara kerja IP kamera ini berbeda dengan cara kerja kamera CCTV analog yang biasanya. Pada IP kamera ini memiliki sistem yang lebih canggih dibandingkan dengan CCTV analog.

IP kamera menggunakan kabel jaringan yang bisa dipasang dalam jarak 100 meter dari switch atau hub. Perangkat ini memiliki kelebihan yaitu bisa akses dari mana saja karena sistemnya menggunakan internet.

Yang nantinya bisa realtime dan akan terus disimpan menjadi sebuah rekaman yang dapat diputar ulang ketika kalian ingin melihatnya dan ketika dibutuhkan.

Namun hal ini, memiliki kekurangan yaitu dari sisi keamananya karena IP kamera terhubung oleh internet, maka jika pertahanan tidak kuat akan bisa dimasuki oleh para hacker yang bisa merusak jaringan dan mencuri data kita.

Prinsip Kerja Kamera Obscura

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : mfaizhermawan.student.umm.ac.id

Kamera obscura merupakan kamera yang pertama kali ditemukan di dunia oleh seorang ilmuwan muslim yang bernama Ibnu Al-Haitam. Ilmuwan yang berasal dari irak ini adalah seorang peneliti fisika yang fokus pada bidan optik.

Dalam sejarah perkembangan kamera disebutkan bahwa kamera obscura yang ditemukan oleh Al-Haitam memiliki lubang kecil yang mampu membuat citra sebuah gambar yang semi nyata dan diproyeksikan dalam posisi terbalik.

Kamera ini belum dilengkapi dengan lensa dan tidak memiliki kemampuan untuk untuk menyimpan sebuah gambar. Jika ingin mengetahui lebih detailnya bisa baca artikel ini tentang sejarah fotografi di dunia.

Prinsip Kerja Kamera Mirrorless

Prinsip Kerja Kamera
Sumber : Pixabay.com

Untuk prinsip kerja kamera mirrorless ini hampir sama dengan kamera DSLR. perbedaannya yaitu kamera mirrorless membuang cermin yang ada di DSLR. kamera mirrorless ini tidak mempunyai jendela bidik atau sering disebut dengan viewfinder. Proses pengambilan gambarnya dilakukan lewat layar LCD atau jendela bidik electrik.

Cara kerja electrik viewfinder sebenarnya hampir sama dengan layar LCD, yaitu menyalurkan gambar lewat sensor yang terus menerus aktif. hanya saja beda penempatan saja. Penggunaan electric viewfinder memiliki kelebihan dibandingkan dengan optical. Karena perubahan hasil exposure, aperture, ISO, dan white balance bisa dilihat langsung oleh sistem.

Kamera mirrorless menggunakan teknik contras detect lewat objek yang masuk ke dalam sensor, maka dari itu untuk autofocusnya lebih akurat.

Kesimpulan

Prinsip kerja kamera adalah menangkap cahaya. Cahaya masuk ke kamera disebut lensa (subjek dapat dilihat terlebi dahulu melalui view finder), berfungsi untuk mengatur supaya caaya secara tajam difokuskan.

Fokus adalah saat kita bisa melihat objek pada visualisasi yang terjelasnya, kebalikan yang disebut blur. Fokus dalam cara kerjanya dengan dilewatkan tepat jatuh ke bidang sensor kamera, seperti setelah cahaya lewat kornea mata kita dan tepat jatuh di retina maka kita bisa fokus melihat suatu objek.

Written by admin_edisutiono

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *